Apa Itu VPN – Cara Kerja , Kelebihan, Kekurangan

Pengertian dan Contoh VPN

Dunia jaringan adalah wilayah yang penuh dengan tantangan. Saat ini teknologi jaringan komputer telah berada pada keaadaan yang sangat modern, anda dapat membuktikannya sendiri dengan membuka blog ini, bayangkan seberapa cepat data dapat ditransfer dari komputer server hingga tiba dengan selamat di komputer anda. Dari sisi keamaan, pengguna layanan jaringan internet yang ingin menngakses jaringan lokal secara, perlu mendapatkan system keamaanan dan privasi yang baik. hal inilah yang disediakan oleh VPN.

Apa Itu VPN?

VPN Adalah singkatan dari Virtual Private Network, sistem ini digunakan untuk perluasan akses ke jaringan lokal yang dapat diakses dari jaringan internet atau jaringan luar. Sebagai contoh, ada beberapa server hosting yang hanya mengizinkan user untuk mengakses konten dari negara tertentu, sebagai contoh user yang dapat mendownload hanyalah user yang berasal dari Inggris, dengan adanya pembatasan ini maka pegakses yang berasal dari negara lain tidak dapat mengakses konten tersebut. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini (agar user selain negara inggris juga dapat mengakses konten) adalah dengan menggunakan layanan VPN.

BACA JUGA :   Apa Itu Gojek - Keuntungan, Pesan, Download

Apa Itu VPN - Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Bagaimana Cara Kerja VPN?

VPN bekerja melalui beberapa protokol pilihan misalnya PPTP, L2TP, IPSec dan SOCK. Protokol ini adalah protokol yang digunakan dalam proses autentikasi user. Ketika seorang user telah berhasil terautentikasi dengan jaringan VPN, maka komputer user akan meminta akses lokal ke komputer server lokal, setelah izin tersebut didapat, selanjutnya jaringan aman akan terbentuk, dan user dapat berkomunikasi dengan komputer-komputer yang berada dalam jaringan lokal secara remote.

Kelebihan VPN

Berikut beberapa kelebihan atau keuntungan yang didapat dari menggunakan layanan VPN:

  • Dengan digunakannya teknologi VPN, sebuah institusi dapat melakukan penghematan anggaran yang sangat besar, karena pekerjaan yang idealnya hanya dapat dilakukan  dari jaringan lokal, dapat diakses dari jaringan non-lokal misalnya melalui jaringan internet.
  • Dengan digunakannya sistem ini, mobilitas suatu institusi akan sangat meningkat, karena karyawan dapat melakukan banyak hal dari tempat manapun selama memiliki koneksi yang dapat terhubung ke jaringan VPN
  • Data yang ditransfer dalam keadaan aman, karena VPN mengadopsi standar keamanan yang sangat baik.
BACA JUGA :   Apa Itu Blog - Arti, Fungsi, Sejarah dan Jenis

Kekurangan VPN

Salah satu kekurangan yang sangat menonjol dari digunakannya jaringan VPN adalah memungkinkan terjadinya pengaksesan yang tidak sah ke jaringan lokal. yang dapat membahayakan sistem pada jaringan lokal.

Materi Refensi

Tulisan Lainnya

Arif Hidayat

The author is a Linux Activist that work in an IT Company in Asia. His Specialization covered Linux Administration System and Web PHP Application.