Apa Itu Alamat Domisili – Artinya

Alamat Domisili itu Apaan sih?

Pertanyaannya pengertian Alamat domisili itu apa?. Pasti kalian sedang berurusan sama pengisian formulir trus bertanya-tanya tentang alamat domisili itu maksudnya apa ya.  Bingung kan mau bedain alamat domisili sama alamat tinggal.

Sini, biar gua jelasin alamat domisili itu apaan.


Jadi, kalo kamu merujuk ke KBBI resmi keluaran pemerintah, yang dimaksud dengan alamat domisili artinya adalah alamat tempat tinggal yang sah. Jadi sederhananya, alamat domisili itu maksudnya adalah alamat asli kamu sesuai dengan KTP asal.

Contoh Alamat Domisili

Sebagai contoh, kamu adalah anak rantau yang sedang kuliah di jakarta, atau kamu mau ikut test cpns di jakarta, sementara kamu tinggal di rumah kos atau nginap di rumah saudara, maka ke dua alamat tersebut  bukanlah alamat domisili kamu, karena tempat tersebut adalah alamat sementara kamu.

contoh alamat domisili maksud artinya makna
contoh alamat domisili maksud artinya makna

Pada contoh kasus tertentu,  ada juga orang yang sengaja ngerubah KTP mereka ke alamat sementara ia tinggal. misalnya si Budi (asal Aceh) tinggal di rumah sepupunya di kota bogor. untuk memudahkan urusannya terkait administrasi dsb. Budi memilih untuk mengganti KTP-nya menjadi KTP bogor.

Pada contoh kasus di atas (jika kita merujuk dari makna domisili di Kamus besar bahasa indonesia), Alamat Domisili Budi adalah Tetap di Aceh. Sedangkan alamat sementaranya adalah di bogor.

gimana? udah ngerti kan?
kalo masi bingung, yuk di tanya ke kita lewat komen.

NOTE : Hati2 gan, orang sering bingung gan bahkan perusahaan yang meminta data calon pegawai juga kadang2 memaknai arti domisili dan alamat sementara dengan makna yang kurang sesuai dari KBBI. sebaiknya, ente tanyakan langsung sama pihak yang nge-buat Formulirnya gan,

supaya sama2 faham dan tidak terjadi salah paham gan. Karena banyak juga yang me-nganggap Alamat domisili adalah sama dengan alamat sementara, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda.

Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili dibutuhkan pada beberapa kasus misalnya ketika anda ingin membuat akun tabungan baru di daerah tempat kamu sedang kuliah (pada contoh kasus ini, anda berkuliah di luar kota/propinsi tempat anda tinggal), surat ini juga kadang menjadi sebuah persyaratan ketika anda ingin melamar pekerjaan.

Contoh Surat Keterangan Domisili
Contoh Surat Keterangan Domisili

Apa itu Domisili

domisili itu apa? Berdasarkan Kamus Besar Resmi Bahasa Idonesia (KBBI Versi 5) Artinya Domisili adalah tempat kediaman yang sah dari seseorang atau tempat tinggal resmi.

Saya akan menjelaskan sebuah contoh yang simpel mengenai istilah domisili. sebagai contoh Ani adalah seorang mahasiswi yang berasal dari Desa Rawamangun, asal daerah Ani adalah di Rawamangun, ia tinggal bersama Ibu, Bapak dan Adiknya.

Namun dikarenakan oleh Ani ingin mendapatkan ijazah sarjana Ani memutuskan untuk pergi ke Jakarta untuk Kuliah dan tinggal di rumah saudaranya yang ada di Jakarta Barat. Berdasarkan contoh diatas, bila kita merujuk pada KBBI,maka domisili dari Ani adalah di Rawamangun Sedangkan tempat tinggal sementara saat ini yang dihuni oleh Ani adalah beralamat di Jakarta Barat.

Namun terkadang ada beberapa kebingungan atau multitafsir yang sering diartikan oleh para pemberi lowongan kerja yang terkadang mengartikan domisili itu adalah sebagai alamat tinggal saat ini.

Untuk itu saya sangat menyarankan bagi Anda yang ingin in domisili pada form yang diminta sebaiknya Anda memastikan dulu kepada pihak pemberi atau penyedia lamaran kerja untuk memastikan Apakah yang dimaksud dengan domisili tersebut.

Video Pengertian Alamat Domisili

contoh surat domisili – Keterangan domisili

Jika kamu membutuhkan surat domisili dan ingin mengetahui contoh surat domisili, maka anda bisa melihat contoh berikut untuk lebih memahami penulisan alamat domisili lengkap dengan contohnya:

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar
Kecamatan Indrapuri
Desa Lam leubok

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala desa Lam Leubok, kecamatan indrapuri, kabupaten aceh besar dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Abdul Somad
Alamat : Desa Lam leubok, lorong Rambutan no.20. Kecamatan indrapuri, Aceh besar
Telepon : 0852 8022 8080

Abdul somad, yang tersebut diatas betul berdomisili di desa kami. selanjutnya surat keterangan domisili ini kami buat agar dapat dipergunakan dengan semestinya.

Indrapuri, 12 Mei 2020,

_______________ Kepala Desa,

Abdul Somad ___ Teuku Rahman

Membuat SKCK di Luar Domisili

Kepemilikan skck (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) sering dijadikan sebagai syarat untuk mendaftarkan diri pada suatu hal. Sebagai contoh, Sarah merupakan seorang mahasiswi lulusan S1 Bahasa inggri Universitas Indonesia. Sarah ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Master, namun ia tidak punya cukup uang untuk ber-kuliah di luar negeri. Untuk itu sarah mendaftarkan diri pada sebuah program beasiswa ke Ingris.

Namun ada permasalahan lain, ternyata sarah sedang berada di daerah luar domisilinya. Salah satu persyaratan untuk mendaftar beasiswa adalah adanya surat SKCK yang dikeluarkan oleh kepolisian. untuk itu sarah harus mengurus SKCK. untuk persyaratannya sendiri secara umum adalah sebagai berikut:

  • Surat Pengantar Domisili
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) .
  • Fotokopi Akta Kelahiran / Surat Kenal Lahir / Ijazah Terakhir.
  • Fotokopi Paspor (Berlaku untuk yang memiliki passport : biasanya tidak wajib).
  • Pas foto 4×6 cm dengan background merah.

Untuk lebih pastinya silahkan tanyakan ke polsek atau kantor lurah sekitar.

Surat Domisili RT

Umumnya bagi anda yang ingin membuat dokumen yang mensyaratkan alamat domisili maka anda harus mendapatkan surat keterangan domisili yang umumnya di terbitkan oleh RT atau lurah. Biasa format untuk surat domisili RT sudah tersedia di kantor Lurah. sebaiknya anda segera menghubungi petugas lurah atau kecamatan untuk mendapatkan informasi terkait persyaratan pembuatan surat domisili di suatu RT.

Syarat & Persyaratan Pindah Domisili

Bagi anda yang ingin pindah domisili, maka anda haru menyiapkan beberapa dokumen penting. Diantara syarat untuk pindah domisili adalah sebagai berikut:

  1. KTP (kartu tanda penduduk) asli dan foto kopi
  2. KK (kartu keluarga) asli dan foto kopi
  3. Surat keterangan pindah yang diterbitkan oleh RT/RW setempat.

Cara Membuat Surat Domisili

Untuk membuat surat domisili, maka anda perlu mengikuti cara / langkah sebagai berikut:

  1. jumpai RT untuk mendapat surat pengantar
  2. bawa ke RW untuk teken / tanda tangan
  3. bawa ktp, akta kelahiran, kk dan pass photo ke Kelurahan
  4. Kelurahan akan melihat/meriview permintaan anda
  5. Jika sudah di-cek, surat domisili akan diterbitkan oleh kelurahan.

Pada beberapa daerah, RT dan RW diabaikan, anda dapat langsung ke kantor desa/lurah

Pindah Domisili

Pindah domisili adalah sebuah kegiatan memindahkan alamat tempat tinggal anda dari tempat tinggal yang lama ke alamat baru, untuk dapat pindah domisili maka anda perlu mengurus surat pindah domisili. Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk membuat surat pindah domisili.

Surat Pindah Domisili

Surat pindah domisili adalah sebuah surat yang dikeluarkan biasanya oleh RT, yang selanjutnya akan diproses oleh dinas pencatatan sipil yang tujuannya adalah untuk memperbaharui alamat tinggal anda ke alamat anda yang paling baru.

FAQ (Frequently Asked Question) :

Berikut jawaban untuk beberapa pertanyaan terkait alamat domisili (berdasarkan arti kata dari KBBI resmi keluaran pemerintah indonesia).

  • Apakah alamat domisili adalah alamat ktp?
    Selamat anda benar. Tapi tergantung juga. jika kamu membuat ktp alamat sementara. maka alamat domisili kamu bukanlah alamat di ktp.
  • Gan, apakah alamat domisili sama dengan alamat ktp?
    Jika kampung kamu di kampung A dan alamat di kTP kamu juga kampung A, maka alamat domisili kamu sama dengan alamat KTP
  • alamat domisili adalah apa gan contoh-nya gimana?
    Domisili itu alamat KTP kamu duhai kawanku. liat dulu penjelasan di atas
  • Sis, contoh domisili itu gimana
    Tinggal liat di Katepe aja sis :D. yang penting ente ga ngubah alamat asal ke alamat sementara.
  • Apakah alamat domisili dan ktp berbeda
    Bisa jadi bro. tergantung alamat KTP ente sama ga dengan alamat asal ente.
  • Bro gimana ni : alamat domisili vs alamat ktp
    Ga perlu diadu bro, keduanya sama aja. baca penjelasan di atas ya.
  • bro alamat domisili cpns adalah apaan bro?
    Diisi pake alamat ktp aja bro. lebih pastinya tanya aja lagi sama yang minta data-nya gan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *