Alasan Australia Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Alasan Australia Mengakui Kemerdekaan Indonesia
Alasan Australia Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Australia adalah sebuah negara yang terdapat di bagian selatan indonesia. Indonesia dan Australia dibatasi oleh lautan. Pada masa perang dunia ke-2 Australia termasuk negara yang bergabung dalam tim pendukung Blok sekutu.

Pada perang dunia kedua Jepang yang merupakan blok Axis (German dkk) menjajah indonesia. Ketika perang berakhir, Australia yang merupakan sekutu belanda  menjadi salah satu negara yang mendukung kemerdekaan indonesia. Setelah perang dunia berakhir Belanda mencoba beberapa kali merebut kembali indonesia namun selalu gagal.


Alasan Australia mengakui kemerdekaan indonesia adalah karena Australia dan Indonesia telah sejak lama membangun hubungan yang kuat melawan pasukan Jepang di samudra Pasifik.

Sutan shahrir pernah berpidato dihadapan warga australia bahwa Indonesia dan australia adalah kerabat yang rela saling bahu-membahu menghadapi perang. Penulis yakin bahwa pidato penting inilah yang menyebabkan tumbuhnya rasa cinta rakyat australia terhadap perjuangan kemerdekaan indonesia.

Pada tanggal 25 september 1945 juga Sydney Morning Herald , sebuah perusahaan media koran di australia merilis berita mengenai keinginan warga indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Alasan terkuat lainnya adalah karena indonesia adalah negara yang posisinya sangat strategis terhadap australia. Saat itu perang antara 2 sekutu australia berlangsung. secara otomatis australia perlu berfikir bagaimana caranya supaya jika perang berakhir, maka australia tidak menjadi pihak yang dirugikan.

Sehingga australia memutuskan untuk tidak memihak dan memilih untuk menjadi pihak yang me-mediasi perdamaian antara Indonesia dan Belanda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *