Bolehkah Colokan Kulkas di Paralel

Bolehkah Colokan Kulkas di Paralel
Bolehkah Colokan Kulkas di Paralel

Kulkas atau yang dikenal dalam bahasa Inggrisnya refrigerator merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan  makanan yang Tujuannya adalah untuk memperpanjang umur makanan agar bisa dikonsumsi di waktu yang lama. kulkas juga digunakan untuk mengawetkan makanan yaitu dengan cara membekukan nya dalam suhu yang sangat dingin.

Bolehkah colokan kulkas paralel? Tidak, Sangat disarankan untuk menggunakan Colokan kabel tipe seri. karena sistem pendingin membutuhkan listrik yang sangat stabil.


Alasan utama Kenapa Sebaiknya anda tidak menggunakan colokan listrik tipe paralel untuk digunakan pada kulkas adalah karena ketika anda mencolokkan berbagai peralatan elektronik lainnya sebagai contoh magic jar, blender, kipas angin, atau peralatan listrik lainnya yang Anda gunakan sehari-hari maka tentunya hal ini akan membuat aliran listrik yang seharusnya digunakan dengan stabil untuk kulkas menjadi kurang stabil.

Dampak Menggunakan Colokan Paralel pada Kulkas

Jadi apa yang akan terjadi ketika anda terus-menerus menggunakan kulkas Anda bersamaan dengan peralatan elektronik lainnya menggunakan colokan yang sama yang menggunakan sistem paralel? hal ini tentunya akan memperkurang umur dari kulkas tersebut dan juga akan mengurangi kualitas dari fungsi pendingin dari kulkas tersebut.

Hal yang sama juga berlaku pada perangkat lainnya yang membutuhkan listrik dengan tingkat stabilitas yang tinggi misalnya untuk televisi dan komputer anda sangat disarankan untuk menggunakan stabilizer yang tentunya akan membantu merawat alat elektronik anda untuk tetap dapat berfungsi ketika terjadi lonjakan listrik secara tiba-tiba.

Lonjakan Tinggi Tiba tiba pada Alat Elektronik

Lonjakan listrik secara tiba-tiba dapat menyebabkan kerusakan internal pada perangkat elektronik. Hal ini dikarenakan oleh tidak semua alat elektronik memiliki komponen saklar pemutus jaringan listrik yang secara otomatis akan memutuskan jaringan listrik ketika terjadi lonjakan listrik.

Sehingga dengan menggunakan perangkat stabilizer maka perangkat tersebut akan secara otomatis mengatur atau menstabilkan aliran listrik pada perangkat anda dan tentunya perangkat elektronik Anda juga akan lebih awet karena voltase dan arus yang dihasilkan adalah sangat stabil sesuai dengan kebutuhan yang dipersyaratkan oleh perusahaan yang memproduksi produk elektronik yang Anda gunakan di rumah.

Colokan Kulkas Harus Sendiri, Kenapa?

Kenapa Colokan Kulkas Harus Sendiri? Karena gangguan yang ditimbulkan oleh perangkat lain yang dicolokkan pada colokan listrik yang sama dengan kulkas akan merusak kulkas.

Sebagai contoh ketika kamu menggunakan beberapa perangkat lainnya yang disebabkan pada satu colokan yang sama dengan kulkas, dan ketika Salah satu perangkat yang di colokan itu memiliki masalah tegangan arus maka semua rangkaian listrik yang cocok kan ada sambungan yang sama akan terpengaruh.

dalam hal ini akan berdampak buruk pada kulkas karena kulkas merupakan komponen yang harus hidup dalam waktu yang sangat panjang. dan bayangkan apa yang terjadi kulkas dibiarkan dalam keadaan arus yang tidak stabil dan beroperasi secara terus-menerus jika tidak ada pemadaman listrik secara berkala.

oleh karena itu banyak perusahaan yang mengeluarkan atau memproduksi kulkas akan menyarankan anda untuk tidak menggunakan colokan yang sama dengan perangkat elektronik lainnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *